Rabu, 21 Desember 2011

profile IKBA


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Jumlah organisasi Islam di Indonesia pada saat ini sangat banyak. Salah satunya adalah Persatuan Islam ( Persis ). Organisasi ini didirikan pada tanggal 12 September 1923 di Bandung, oleh KH Zamzam dan KH Muhammad Yunus. Keduanya merupakan ulama yang berasal dari Sumatra. Organisasi ini didirikan sebagai respons atas kondisi umat Islam yang terbelakang akibat penjajahan.
Organisasi ini dikenal luas sebauah gerakan pembaruan Islam ( harakah tajdid ). Misi utamanya adalah mengembalikan umat Islam kepada Al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad SAW. Persis lahir untuk menghadirkan Islam yang sesuai dengan kedua sumber hukum Islam tersebut.
Aktivitas utama Persis adalah dalam bidang dakwah, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan. Melalui peran ini, Persis ingin berperan aktif dalam memberikan kontribusi untuk meluruskan pemahaman umat Islam yang keliru terhadap agamanya. Ada dua agenda besar yang ingin dicapai Persis, yakni memurnikan akidah umat ( Ishlah al-’Aqidah ), dan meluruskan ibadah umat ( Ishlah al-’Ibadah ).
Nah berawal dari tataran tersebut, maka para alumni pesantren persatuan islam 94 pakenjeng pun berinisiatip untuk membentuk sebuah ikatan/organisasi non profit ditataran alumni, guna untuk melanjutkan misi dakwah islamiyah selepas melaksanakan studi dimualimin pesantern persatuan islam 94 pakenjeng kabupaten garut.
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian
IKBA adalah merupakan kependekan dari Ikatan Keluarga Besar Alumni, Pesantren Persatuan Islam. IKBA merupakan sebuah ikatan atau organisasi non profit yang bergerak dalam kegiatan masyarakat yang merupakan sebuah wadah untuk mengikat para alumni pesantren persatuan islam 94 pakenjeng garut.

B.     Tempat Dan Tanggal Pendirian IKBA
Adapun mengenai kapan dan dimana IKBA (Ikatan Keluarga Besar) Alumi Pesantren Persatuan Islam 94 pakenjeng ini didirikan yakni pada tanggal 9 Januari tahun 2010 yang bertempatkan di Jalan Raya depok Bungbulang, Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut, Tepatnya di Mesjid Ulum depok persis 94 pakenjeng garut.

C.    Tentang Pendirian IKBA
Ikatan keluarga besar ini berdiri, yakni berawal dari sebuah pemikiran atau harapan dari beberapa orang alumni yang simpati terhadap almamaternya sendiri, dimana mereka telah dididik dan digembleng selama bertahun- tahun lamanya oleh para uatadz-ustadznya sehingga mereka ingin membaktikan diri terhadap Allah dan almamaterya, sekaligus meneruskan harapan daripada apa yang dicita-citakan oleh Persis itu sendri yakni memurnikan akidah dan memurnikan Ibadah.
Maka berawal dari sebuah harapan tersebut akhirnya beberapa orang alumni dari ppi 94 pakenjeng mengadakan sebuah perkumpulan kecil untuk merundingkan sebuah gagasan harapan besar untuk mengikat para almumi, agar para almumni merasa terikat oleh sebuah wadah persatuan untuk menyatukan persatuan pemikiran, rasa, suara, dan usaha Islam agar semua alumni memiliki tanggungjawab moral dan dakwah islam untuk menyiarkan dakwah kapanpun dan dimana pun berada demi menjalin sebuah tali persaudaraan yang  kuat.
Hakikat daripada pendirian IKBA ini ialah merujuk pada sebuah sumber pusaka Abadi (AL-Qur’an & Sunnah ) sebagai mana tentang sejarah awal pendirian persis itu sendiri, yakni merujuk pada sebuah firman Allah dalam surat Ali-Imran ayat 103 dan hadis Nabi SAW yang memerintahkan pentingnya persatuan. Yakni :
“Dan, berpegang teguhlah kamu sekalian kepada tali (undang-undang/aturan) Allah seluruhnya; dan janganlah kamu bercerai-berai.” (QS Ali Imran [3]: 103).
“Kekuatan Allah itu beserta jamaah.” ( HR Tirmidzi ). Kedua dasar inilah yang menjadi moto Persis dan ditulis dalam lambang Persis yang berbentuk lingkaran bintang bersudut 12.
Bersandar pada dasar ini pula IKBA berdiri, karena dengan kesadaran penuh walaupun dan dimna pun berada maka secara otomatis para alumni telah terikat oleh sebuah aturan untuk senantiasa menjaga tali persaudaraan walaupun keadaannya tidak dalam satu tempat/lingkungan melainkan bercabang-cabang keadaan, namaun dengan ikatan inilah para alumni bisa membentuk sebuah kekuatan untuk senantiasa berjamaah demi menyiarkan dakwah islamiyah.

D.    Seputar program/gerakan IKBA Persis 94 Pakenjeng
Pada dasarnya, perhatian IKBA Persis 94 Pakenjeng ini ditujukan terutama pada sebuah persatuan untuk membangun sebuah ukhuah islamiyah, juga sebagai wadah untuk menampung aspirasi para anggotanya demi sebuah perbaikan berbagai pihak yang terkait.
Adapun gerakan daripada IKBA sendiri ialah sebagai penyebaran paham Alquran dan sunah. Hal ini dilakukan melalui berbagai aktivitas, di antaranya dengan mengadakan sebuah pertemuan-pertemuan, kunjungan kepada jamaah (silaturahmi), membuat sebuah sarana dakwah melalui dunia maya (internet), tabligh, juga dalam bidang social kemasyarakatan.
Gerakan-gerakan tersebut dilakukan demi untuk melakukan sebuah pembaharuan yang terkait hususnya hubungannya dengan masalah salimul akidah dan sohihul ibadah, agar umat senantiasa menjadikan Al-quran dan sunnah menjadikan sebuah pijakan yang paling utama bukan hanaya mengandalkan penalaran akal saja.
Adapun program-progaram ikba itu sendiri antara lain :
1.      Mengadakan reuni setiap setahun sekali
2.      Mengadakan seminar pendidikan
3.      Kunjungan ke Mesjid-mesjid
4.      Melakukan perbaikan ekonomi
5.      Mengadakan baksos, Dan lain lain.

E.     Tujuan Pendirian IKBA
1.      Mempererat tali silaturrahmi antar alumni beserta keluarga, dan almamater
2.      Sebagai wahana dalam rangka membentuk ikatan alumni SMA IT PPI 94 PAKENJENG yang kuat dan terjalin erat
3.      Membuka jalur peran serta alumni bagi perkembangan SMA IT PPI 94 PAKENJENG
4.      Gerakan Pembaharuan umat (pelurusan ibadah dan pemurnian akidah).

F.     Visi dan Misi IKBA
Menjadikan IKBA Persis Sebagai Wadah Untuk Mengakomodasi Aspirasi, Kepentingan Alumi & Pesantren Persis 94 Serta serta sebagai alat penggerak untuk mengadakan suatu pembaharuan akidah dan ibadah dengan menanamkan pemahaman Al-Quran dan sunnah, Demi terbentuknya sebuah persatuan umat.

MISI
1.      Menciptakan sebuah alat pemersatu
2.      Menyebarluaskan dakwah islam dan merekrut kader-kader dari alumni
3.      Mengembangkan pendidikan islam yang dilandasi akhlakul karimah
4.      Mengembangkan kegiatan-kegiatan ilmiah yang menumbuhkembangkan kecerdasan intelektual.
5.      Merealisasikan pemahaman dari al-quran dan sunnah

G.    Struktur Kepengurusan IKBA masa bakti 2009-2014


Penasehat
Kepala SMA Persis





BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan

 IKBA adalah merupakan kependekan dari Ikatan Keluarga Besar Alumni, Pesantren Persatuan Islam. IKBA merupakan sebuah ikatan atau organisasi non profit yang bergerak dalam kegiatan masyarakat yang merupakan sebuah wadah untuk mengikat para alumni pesantren persatuan islam 94 pakenjeng garut.
IKBA didirikan pada tanggal 9 Januari tahun 2010 yang bertempatkan di Jalan Raya depok Bungbulang, Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut, Tepatnya di Mesjid Ulum depok persis 94 pakenjeng garut.
Program-Progaram Ikba Itu Sendiri Antara Lain :
1)      Mengadakan reuni setiap setahun sekali
2)      Mengadakan seminar pendidikan
3)      Kunjungan ke Mesjid-mesjid
4)      Melakukan perbaikan ekonomi
5)      Mengadakan baksos, Dan lain lain.
Adapun gerakan daripada IKBA sendiri ialah sebagai penyebaran paham Alquran dan sunah. Hal ini dilakukan melalui berbagai aktivitas, di antaranya dengan mengadakan sebuah pertemuan-pertemuan, kunjungan kepada jamaah (silaturahmi), membuat sebuah sarana dakwah melalui dunia maya (internet), tabligh, juga dalam bidang social kemasyarakatan.

B.   Saran
Dengan disajikannya sebuah laporan ini penulis telah berusaha dengan sebaik & semaksimal mungkin dalam proses pembuatannya, namun penulis juga sadar bahwa penulisan laporan ini sangat jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan keritik dan sarannya yang bersipat membangun. Dengan tujuan untuk lebih baik lagi dimasa yang akan dating

Tidak ada komentar:

Posting Komentar